Apa itu Blogger?


Assalamualaikum wr. wb. sobat blogger yang sayangi, pertama tama saya mau mengucapkan terima kasih karna sudah berkunjung ke blog saya ini. pada postingan ini saya ingin menjelaskan secara detail apa sih itu blogger? Mungkin memang sudah banyak yang tahu tentang blog, tapi tahu tentangnya belum tentu tahu seluk beluknya. oke langsung saja. 



Apa sih itu Blogger? memang banyak sekali definisi Mengenai Blogger ini. dan banyak juga sumber yang mendefinisikan mengenai Blogger. Tadinya saya mau mendefinisikan juga tapi takut tidak nyambung jadi mengambil dari Sumber lain saja hehe. dibawah ini saya hanya mengambil dua definisi saja yang mudah agan mengerti dari Beberapa sumber di internet.

- Menurut wikipedia, Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL
Sumber : wikipedia.com

- Blogger adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis. 
Sumber : www.ficripebriyana.com






Apasih Fungsi atau kegunaan Blogger? 
Sepertinya banyak juga yang Mengelompokkan Fungsi Blogger ini. Kalau begitu saya ingin Mengelompokkan dengan apa yang sudah saya paham.

1. Blogger berfungsi Sebagai Media Penyaluran Ide 
Berapa banyak rakyat indonesia yang memiliki Ide yg bagus tapi tidak tahu cara menampilkan ide tersebut, lalu mereka membuat Blogger untuk menampilkan dan membagikan mengenai Idenya itu. itu adalah salah satu contoh dari Blogger berfungsi sebagai Media Penyaluran Ide, sebenarnya bukan rakyat indonesia doang si yang memiliki ide yg bagus tapi tidak tau cara menampilkannya sebenarnya di Eropa, negara barat, negara timur tengah pasti mempunyai Rakyat yang seperti itu. Sangat disayangkan jika kita mempunyai ide tetapi tidak kita bagikan ke sesama, apalagi idenya itu bermanfaat. 

2. Blogger berfungsi Sebagai Media Tutorial 
Setiap kegiatan pasti ada masalah, walau terkadang berjalan lancar. Akan tetapi jika seseorang terkena masalah pasti dia akan mencari solusinya, bagaimana jika dia tidak mengerti dengan solusi yang sudah ditemukan? Pastinya dia akan mencari Tutorial yang berhubungan dengan Solusinya itu. contoh saja seperti seseorang yang mengalami Laptopnya error pada saat membuka aplikasi, lalu seseorang itu mencari Tutorial mengenai masalah Laptopnya itu. 

3. Blogger sebagai Media Pembelajaran
Belajar itu bukan di kelas doang, Belajar di mana saja, kapan saja, Dalam Situasi yang normal kita bisa belajar dan Dalam situasi yang gawat pun kita juga bisa belajar. Jadi di blogger pun kita bisa belajar contohnya saja seperti tutorial dan ide diatas. saat kita sedang ingin mencari pengalaman atau melakukan hal yang baru kita bisa belajar dari ide orang jika kita sedang terkena masalah kita bisa melakukan solusinya dengan tutorial. hal itu disebut belajar juga. 

4. Blogger sebagai diary 
 Sebenarnya ini layanan publikasi apa tempat curhat sih? kwkw. Jangan salah lhooo bukan cuman di buku diary saja kamu bisa menulis mengenai kegiatan sehari hari, Blogger juga bisaa dong. Bahkan blog lebih Flexibel dan orang pun bisa liat kegiatan sehari hari kamu dan orang bisa belajar dari kegiatan sehari hari kamu. dan kalau diary kamu itu menarik atau spesial mungkin akan membuat kamu terkenal :). 


Lalu, Manfaat Blogger apaa? 
hehe sepertinya sama dengan yang lainnya, setiap kali saya mempelajari setiap bagiannya selalu mendapatkan hal yang sama, yaitu selalu berbeda di setiap sumber. kalau begitu kita pahamin dengan apa yang sudah saya pahamin aja yuk hehe.

1. Sering Sering ngeblog, mengasah kamu menjadi penulis yang hebat! 
Tidak salah kalau orang yang sering ngeblog itu mempunyai karya tulis yang hebat, dari mimiknya, prosanya, gaya katanya ( Pelajaran Bahasa indonesia kali bos ). Coba deh kamu perhatikan kata - kata artikel di setiap blog yang mempunyai postingan banyak. pasti gaya katanya itu bagus. Contohnya di blog saya saja hehe. Sering seringlah ngeblogg supaya kamu menulis dengan kata yang baik dan benar, sebenarnya tidak harus ngeblog juga kalau ingin menulis dengan kata yang baik dan benar. belajar bahasa indonesia saja juga bisa. Tapi kalau takdir kamu jadi penulis gimana? hehe

2. Ngeblog sebagai pekerjaan yang lebih baik 
 Jangan salah kalau ngeblog adalah pekerjaan yang lebih baik dari sekarang ini. Biasanya perusahaan perusahaan memeriksa profile online sebelum merekrut. Mengapa begitu? karna Bos perusahaan biasanya ingin mempekerjakan orang yang mempunyai pengaruh kuat di dunia maya. ngeblog menjadi salah satu untuk mendapat pengaruh online. dengan ngeblog kita mendapatkan apa yg kita posting dan mendapat ilmu apa yg tidak kita ketahui. kita juga mencamtumkan profile, minat, hobi, keahlian dalam blog itu. 

3. Ngeblog juga bisa menjadi sumber penghasilan 
 Apa benar dari ngeblog kita bisa mendapatkan penghasilan? pertanyaan tersebut selalu dipertanyakan teman saya ketika saya sedang ngeblog. kalau ada yang menanyakan pertanyaan seperti itu jawabannya adalah YA. Ngeblog bisa menghasilkan uang. banyak sekali orang yang sukses karna ngeblog, contohnya saja salah satu Blogger indonesia yaitu Eka Lesmana yang mendapat kan 100Juta lebih dari ngeblog, dan Pat Flynn ia mendapatkan 100.000 dolar per tahun dari blognya itu. saya kurang tahu kalo Pat Flynn dari negara mana. yuk bagi kamu yang bingung mencari pekerjaan, ngeblog aja.

4. Dengan Ngeblog kamu jadi lebih tau dunia internet 
 Saat kamu ngeblog, seiring kamu akan tau mengenai internet. Searching sana searching sini mengalami masalah menemukan solusi. dan kamu jadi tau dunia internet karna sering membukanya, apalagi bukanya dengan ngeblog hehe. 

5. Dengan Ngeblog kamu akan bisa desain web HTML,CSS, Javascript. 
 Html, Css, javascript merupakan bahasa pemrograman yang merupakan "KETERAMPILAN BERNILAI TINGGI" Tidak sembarang orang bisa bahasa pemrograman. Dengan Ngeblog kamu akan terbiasa dengan Bahasa pemrograman itu. sebenarnya sih banyak bahasa pemrograman tapi kalo di blog hanya menggunakan itu saya. mungkin kalau kamu membuat web forum akan menggunakan PHP dan Mysql itu akan lebih susah lagi ya di ibaratkan. kalau blog semakin bagus/profesional maka bahasa pemrograman yang dipakai akan semakin sulit (Jangan percaya dulu hehe). 

6. Wawasan kamu menjadi luas 
Memperluas dan meningkatkan keahlian. Dengan ngeblog wawasan kamu menjadi luas dan keahlian kamu meningkat tentu pada bidang kita atau pada niche di blog kita. Tiap orang ngeblog dengan apa yang mereka sukai atau kuasai. Orang yang menguasai bidang komputer akan ngeblog mengenai komputer, dan orang yang menguasai bidang psikolog akan ngeblog mengenai psikolog. dengan menguasai suatu bidang, kemungkinan kamu akan bisa menjadi konsultan yang baik. 

7. Bisa menjual produk di blog
 Jangan salah, kalau di blog kamu bisa menjual produk kamu. Menjual produk diblog lebih laku dibanding menjual face to face atau buka toko dirumah? benar sekali. kalau blog kamu sudah terkenal produk kamu akan lebih laku dibanding kamu buka toko dirumah.
 
8. Membantu sesama 
Blog yang berisi postingan yang bermanfaat sangat berguna bagi visitor, kamu bisa ngepost di blog mu mengenai tutorial,resep makanan, info2 dan hal hal bermanfaat lainnya. Dengan ngeblog, kamu sedekah ilmu dan memotivasi orang banyak. saat Postingan itu diterapkan oleh pembaca maka kamu mendapat pahala. 


Setelah kamu tahu mengenai pengertian, fungsi, dan manfaatnya sekarang kamu harus tau fitur-fitur yang ada di blog. seperti lainnya di setiap sumber Fiturnya sama tetapi definisinya berbeda. kalau begitu saya juga ingin mendefinisikan sendiri hehe tapi dengan apa yg sudah saya pahami. Mungkin kalau yang sudah buat blog akan paham akan kegunaannya tapi belum tentu tau definisinya. Yuk dipahamin bagi yg belom atau sudah buat Blog. 

1. Dasbor Blogger 
Merupakan Halaman Utama dari Blogger, yang berisi semua informasi umum dan pengaturan akun blogger seperti halnya mengatur profile account. dalam dasbor ini kamu bisa membuat dan menghapus Blogger. 

2. Ikhtisar
Merupakan halaman utama dari masing masing blog, yang berisi informasi umum mengenai blog yg kamu kelola. dalam dasbor ini kamu dapat melihat Hasil penayangan hari ini dan jumlah komentar. 

3. Pos 
Merupakan halaman kedua dari masing masing blog, yang berisi informasi mengenai postingan yang sudah diterbitkan atau belum diterbitkan. dalam pos ini kamu juga bisa mengedit dan menghapus postingan. 

4. Laman 
Merupakan halaman ketiga dari masing masing blog, Laman dapat digunakan untuk membuat halaman baru untuk blog secara otomatis. 

5. Komentar
 Merupakan halaman keempat dari masing masing blog, yang berisi informasi mengenai komentar yang sudah diterbitkan atau belum diterbitkan. digunakan juga untuk menerbitkan komentar, menghapus atau menandai komentar itu sebagai spam. 

6. Google+ 
Merupakan halaman kelima dari masing masing blog, digunakan untuk menghubungkan Blogger ke google+ Agar lebih mudah berbagi pada saat kamu  menerbitkan postingan. 

7. Statistik 
Merupakan halaman keenam dari masing masing blog, yang berisi informasi statistik data pengunjung blog, seperti jumlah pengunjung, jumlah viewer, dan pageview (sama aja lha ya), asal pengunjung dsb. 

8. Penghasilan 
Fitur ini menghubungkan Kamu dengan adsense, yaitu program PPC yang iklannya akan dipasang di blog kamu. Setiap kali pengunjung mengklik iklan kamu akan dibayar oleh Adsense. 

9. Tata Letak 
 Berisi informasi mengenai gadget dan widget, dalam tata letak kamu bisa menambah dan menghapus widget. 

10. Template 
dalam Menu ini berisi tentang Tampilan dan Template blog, seperti Meupload template, membackup template, mengedit html, atau bisa juga merancang template yang sudah disediakan oleh blogger. 

11. Setelan 
Pada menu ini digunakan untuk pengaturan blog sobat, Menu setelan terdiri dari : 
a. Dasar 
 Berisi informasi mengenai Judul blog, Deskripsi blog, Privasi blog, alamat blog, admin blog. Kamu bisa mengedit tapi tidak bisa menghapus hehe. 

b. Pos dan Komentar
digunakan untuk mengatur Komentar di blog, seperti mengatur jumlah postingan pada halaman utama, mengatur komentar, setting dsb. 

c. Selular dan Email 
fitur ini digunakan untuk membuat pos melalu sms atau bisa juga lewat Email. 

d. Bahasa dan pemformatan 
Fitur ini digunakan untuk mengatur bahasa dan wilayah waktu .

e. preferensi penelusuran 
fitur ini digunakan untuk mengatur penelusuran, mulai dari robot txt dsb. 

d. lainnya 
berisi menu untuk mengimpor blog, mengekspor blog, dan membackup blog. 
 




Membuat Blog tidaklah sulit, Kalau kamu belum bisa membuat blog akan saya kasih tau cara membuat blog. hanya butuh tekad api hehe ngga deng modal nekat aja sama kuota.Langsung aja diliat tutorialnya.

1. Sebelum kamu membuat Blogger, kamu harus mempunyai Gmail terlebih dahulu. Jika belum punya silahkan daftar terlebih dahulu. jika sudah punya lanjutkan ke step selanjutnya. 

Bingung daftar Gmail? Klik aja Cara Daftar Email Gmail

2. Kalau kamu sudah punya akun Gmail, loginkan dulu akun gmail kamu di google. lalu Buka website Blogger.com   

Penampakananya seperti dibawah ini. Penampakan di bawah ini disebut dengan Dasbor Blogger. Sudah tau kan apa itu Dasbor Blogger?

 
Kalau punya saya sudah ada blognya hehe, mungkin kalau kamu yang baru bikin masih kosong. 
3. Lalu klik Blog baru, Berada dipojok kiri. 
 
4. Setelah kamu mengklik Blog baru, akan keluar tampilan seperti ini. 

Kalau sudah keluar tampilan seperti diatas, langsung saja diisi. Mulai dari Judul, alamat dan pilihlah Template sesuai selera kamu. Kalau sudah diisi langsung Klik Buat Blog!

5. Dan taraaa kamu sudah membuat Blog kamu sendiri. 




Kalau sudah buat Blog, langsung aja ngepost biar ada pengunjung di Blog kamu. Isi blog kamu dengan yang bermanfaat yaa, jangan bikin Blog isinya video p*r*o.





Saya sudah mempunyai blog dan sudah mempunyai banyak postingan. Tetapi, kenapa pengunjung saya sedikit?

Hal ini sering dialami oleh blogger. Kalau dulu kita ngepost ngepost saja nanti pengunjung juga datang, semakin banyak post semakin banyak pengunjung. Tapi itu dulu, Sekarang sudah banyak orang yang ngeblog. jadi saingan dimana mana. Dibutuhkan Artikel yang berkualitas dan bermanfaat. 
Jadi apa penyebab Blog sepi? Berikut adalah penyebab blog sepi dari berbagai sumber yang telah saya rangkum. 

Penyebab Blog sepi 
1. Jumlah Artikel Sedikit 
Jika postingan dalam blog kamu sedikit apa lagi yg mau dibaca? masa mau baca postingan yang itu itu aja. Jika kamu mempunyai 5 artikel dalam blog kamu, berarti pengunjung hanya akan baca 5 artikel kamu apalagi sampe diulang ulang hehe kasian. Semakin banyak postingan kita pengunjung akan senang membacanya apalgi Postingan banyak bermanfaat, menarik. 

2. Konten Kurang menarik 
Postingan jarang diminati, Kalau ingin Membuat postingan pastikan kamu membuat postingan yang dibutuhkan banyak orang. contohnya seperti Tutorial, Film dsb. 

3. Informasi dibutuhkan cuman sesaat 
Informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung hanya sesaat, jika sudah liat maka tidak dibutuhkan lagi. kalau hari ini posting besoknya sudah kadaluarsa. jadi setiap hari kita harus memprediksi informasi pada hari itu juga. 

4. Navigasi di blog Buruk 
Blog tidak menyediakan artikel pilihan atau daftar isi yang mudah dilihat, pengunjung akan kesulitan untuk membuka halaman halaman lainnya karena navigasi kurang bagus. Sehingga Pengunjung akan malas mengunjungi blog kamu

5. Loading Blog kamu berat 
Tidak semua pengunjung memiliki Koneksi internet yang cepat, saat pengunjung mendatangi blog anda pengunjung merasa kesal karna loading sangat lama dan akhirnya pengunjung mengclose dan mencari blog lain untuk dikunjungi.

Post a Comment